Isnin, 19 Mac 2012



Apa itu Bekam 


Dalam bahasa Melayu, hijamah biasa disebut bekam. Di masyarakat Jawa dan lainnya disebut kop atau cantuk. Di Sumbawa dan sekitarnya disebut tangkik atau batangkik. Dalam Bahasa Inggris disebut blood cupping atau blood letting. Dengan bahasa yang lebih ilmiah, cakupan yang lebih luas dan dengan pendekatan medis, kami menyebutnya Oxidant Drainage Therapy yang disingkat ODT.

Acuan dan Dalil

عن بن عباس عن النبي صلى الله عليه وسلم قال الشفاء في ثلاثة في شرطة محجم أو شربة عسل أو كية بنار وأنا أنهى أمتي عن الكي
“Dari Ibnu Abbas, dari Nabi, beliau bersabda, ‘Kesembuhan itu ada dalam tiga hal: Dalam torehan alat hijamah, minum madu atau sundutan dengan api. Namun aku melarang umatku melakukan sundutan.”*)
*) Shahih Al-Bukhary, 5357; Muslim, 2205, dll.

أن جابر بن عبد الله عاد المقنع ثم قال لا أبرح حتى تحتجم فإني سمعت رسول الله صلى الله عليه وسلم يقول إن فيه شفاء
“Sesungguhnya Jabir bin Abdullah pernah mengunjungi Al-Muqanna’, kemudian dia berkata, ‘Aku tidak beranjak dari sini sebelum engkau dihijamah, karena aku pernah mendengar Rasulullah bersabda, ‘Sesungguhnya dalam hijamah ini terkandung kesembuhan.”*)
*) Shahih Muslim, 4/1729, no. 2205.

Dari Anas Radhiyallahu Anhu, dia pernah ditanya tentang upah hijam. Maka dia menjawab, “Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam pernah berobat dengan hijam, kepada Abu Thaibah. Lalu beliau memerintahkan agar dia diberi upah berupa dua sha’ bahan makanan. Beliau berbicara dengan keluarganya hingga mereka meringankan pembayaran upah itu.
 

Beliau bersabda,
أمثل ما تداويتم به الحجامة و القسط البحري
“Sesungguhnya cara pengobatan kalian yang paling ideal adalah hijamah dan menggunakan al-qusthul-bahri.” *)
*) Muttafaq Alaihi.

عن ابن عباس أن رسول الله صلى الله عليه وسلم قال ما مررت ليلة أسري بي بملإ من الملائكة إلا كلهم يقول لي عليك يا محمد بالحجامة
“Dari Ibnu Abbas Radhiyallahu Anhu, bahwa Rasulullah bersabda, ‘Aku tidak melewati sekumpulan malaikat pada malam aku diisra’kan melainkan masing-masing di antara mereka berkata kepadaku, ‘Hendaklah engkau melakukan hijamah wahai Muhammad’.”*)
*) Sunan Ibnu Majah, Kitab Ath-Thibb, 3477. Hadits shahih.

Tiada ulasan:

Catat Ulasan